Minggu, 01 Mei 2016

Mengendalikan Diri Ketika Emosi

Disaat merasa orang terdekat tidak dapat mengerti, bahkan keadaan membuat emosi semakin besar, ditambah dengan banyak nya tugas yang harus dikerjakan. Itulah beberapa hal yang sering membuat saya menjadi emosi sehingga jika dibiarkan malah akan membuat keadaan menjadi lebih buruk. Situasi tersebut adalah waktu dimana saya perlu mengetahui dan mengingat cara-cara untuk mendendalikan emosi. Berikut akan saya jelaskan beberapa kiat saya dalam menjaga emosi.

1. Mengetahui penyebab munculnya emosi

Kiat pertama saya dalam mengendalikan emosi adalah mengenali terlebih dahulu diri sendiri lebih dalam. Disaat saya mulai merasakan emosi mulai memuncak  saya akan cermati mengapa hal itu bisa terjadi. Dengan begitu saya bisa menghindari dan mengendalikan diri sebelum emosi memuncak.

2. Lebih banyak berfikir

Penelitian menyebutkan salah satu cara mengendalikan emosi adalah dengan berhenti mengerjakan sesuatu selama 6 detik, karena dapat mengurangi tingkat emosi kita. Hal tersebut dapat membuat saya mengetahui apa yang saya lakukan, dan dampaknya nanti.

3. Mengendalikan Reaksi diri

Mengendalikan reaksi saya terhadap situasi yang tidak menyenangkan, misal nya ketika terjebak macet lalu ada motor menyalip dengan tiba2, saya memilih untuk tetap tenang dan sabar, karena jika memilih untuk marah seseorang dapat menjadi orang yang reaktif dan emosional, tetapi dengan tenang dan sabar mengajar kan untuk menguasai diri dengan baik.

4. Tidak larut dalam perasaan negatif

Perasaan bukanlah masalah benar atau salah. menusiawi sekali-sekali memiliki perasaan taku, marah, sedih dan kecewa. Yang penting kita tidak larut dalam perasaan-perasan negatif itu dan tidak mengambil keputusan-keputusan penting di saat suasana hati sedang kacau.

5. Belajar mengucap syukur dalam segala keadaan

Hati yang penuh dengan ucapan syukur akan membuat hidup lebih ringan, pikiran lebih jernih dan perasaan lebih nyaman. Sehingga mengendalikan perasaan bukan lagi beban yang berat.

Segala sesuatu dimulai dari pikiran, dengan berpikir secara jernih akan membuat tindakan yang diambil menjadi benar, sedang kan pikiran yang salah membuahkan tindakan yang salah juga. Itulah beberapa dari kiat-kiat yang saya terapkan dalam mengendalikan emosi saya.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar